Selasa, 04 Januari 2011

Jika Anda berbicara lebih sedikit daripada pengetahuan Anda

(Yakobus 1:19) Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;
Mustahil menjadi mungkin jika Anda bicara lebih sedikit daripada pengetahuan Anda. Lidah manusia jauhnya hanya beberapa inci jauhnya dari otak, namun ketika Anda mendengarkan sementara seseorang berbicara, mulut dan pikiran tampak terpisah bermil-mil jauhnya. Lidah berlari lebih cepat ketika otak berada pada gigi netral.
Perkataan Anda mempunyai kuasa untuk menyalakan api atau memadamkan hasrat. Perkataan yang baik menyelesaikan banyak hal dan mampu membangkitan sifat baik pada diri orang lain.
Perkataan juga merupakan visual dari jiwa seseorang. Terkadang musuh Anda yang terbesar dan sahabat Anda yang terbaik addalah adalah perkataan yang Anda ucapkan kepada diri sendiri.
Jika Anda ingin berkata-kata yang benar; ada lima hal yang penting untuk diperhatikan, yaitu: Kepada siapa Anda berbicara, tentang siapa Anda berbicara, Bagaimana Anda berbicara dan kapan, serta dimana Anda berbicara.
Jangan pernah katakan yang jahat tentang seseorang jika Anda tidak mengetahuinya dengan pasti, jika Anda mengetahui dengan pasti, tanyalah pada diri sendiri, “Mengapa saya harus mengatakannya?”. Jangan melompat masuk kedalam masalah dengan mulut lebih dahulu. Apa yang kita katakan itu penting dan mempengaruhi kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar